SHOPEE AFFILIATES

SHOPEE AFFILIATES
KLIK GAMBAR GABUNG SEKARANG JUGA

BAHAGIA MENURUT ISLAM Beserta cara meraihnya


BAHAGIA MENURUT ISLAM dan cara meraihnya

langkah-bahagia

Assalamu'alaikum wr. Wb.


Kenapa bisa di katakan bahagia itu sederhana, padahal banyak orang tiap hari dalam masalah, tiap hari dalam keadaan musibah, bahkan orang kebanyakan dalam hari-harinya selalu mengeluh, kadang keuangan, di sakiti, di hina bahkan ada yang di dhalimi. penulis membahas sebuah cerita singkat agar bisa melihat bagaimana bahagia itu sederhana.


Kita misalkan dengan suatu negeri, terdapat seorang raja yang telah di hidangkan makanan yang sangat lezat,tau sendirikan bagaimana makanan raja, tetapi begitu lezatnya makanan itu sang raja tidak mempunyai nafsu makan, dan raja melihat-lihat pemandangan ke daerah perkebunan, ada seorang petani yang sedang lahapnya makan nasi ala kadar, cuma sayur mayur dan lauk seadanya, petani itu selalu bersyukur, dengan makanan begitu saja ia sudah bahagia. Dalam hati seorang raja, bagaimana ia sangat menikmatinya, pdahal seorang petani, hari demi hari cuma berkebun. sehingga bisa di bilang raja iri terhadap seorang petani karena selera makannya, bukan karena makanannya. Dari contoh di atas kekayaan, tahta juga kekuasaan tidak bisa membuat kita bahagia tetapi dengan bersyukur saja kita bisa bahagia. jangan berfikir tunggu kaya dulu baru nanti bahagia, tidak ?? bahagia tidak akan ada jika hati dan pikiran selalu dalam hal-hal negatif. artinya bahagia itu datang dari kebaikan, berbaik sangka(positif thinking). selama ada kebaikan tentu ada bahagia.

jangan pernah risau akan bahagia, takdir sudah di tentukan. Allah maha adil, pasti ada kebahagiaan yang telah di persiapkan untuk hari esok di masa depan, selalu optimis mencapai ridha ilahi.
Contoh dari yang lain, seorang petani yang setiap hari ia pergi ke sawah mulai dari setelah sawahnya di bajak ia mempersiapkan benih padi yang baik untuk di tanam di sawahnya setelah itu ia pergi menyemai benih itu ke sawah di tempat yang telah ia persiap kan untuk benih padi.setiap harinya benih mulai tumbuh dengan baik,seorang petani senang melihat benih yang tumbuh tanpa gangguan dari hama.setelah cukup umur benih padi mulai di tanam,beberapa hari kemudian padi itu mulai tumbuh dengan baik hingga sampai waktunya di beri pupuk,tampaklah padi yang begitu hijau,jangankan petani tetapi orang yang melewati sawahnya melihat pun senang apalagi sang petani.hingga tiba saatnya padi itu untuk di panen.bahagianya hati sang petani saat ingin memanen padi yang telah siap untuk di panen.dan hasil dari panen tersebut sangat memuaskan.bahagia hati sang petani tidak bisa di jelaskan.begitu lah contoh dari bahagia sederhana. petani selalu bersyukur setiap hari selalu melihat perkembangan padinya,tanpa ia melewati shalat dan ibadah wajib lainnya. ini adalah bentuk syukur. alangkah indahnya bersyukur karena dari syukur mendatangkan bahagia yang tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata.



Bahagia adalah merasa tentram di saat ada masalah ataupun tidak,tapi hati selalu merasa tentram.hal ini sulit  di rasakan karena kurangnya bersyukur.bersyukur dapat membuat hidup lebih bahagia sebagaimana yang kita inginkan.bahagia tidak di nilai dari banyaknya materi atau pun banyaknya perusahaan, banyak ternak,banyak anak.memang itu hal yang bisa membuat kita bahagia,tetapi jika tidak bisa bersyukur atas apa yang telah di miliki,bahagia itu sulit di dapatkan. 

MALAS BISA MENGHAMBAT HIDUP BAHAGIA

Malas adalah penyakit yang sangat berbahaya, namun hanya sebagian orang menyadari kalau malas itu suatu penyakit yang bisa dikatakan adalah penyakit yang belum di temukan obatnya. malas menghambat semua hal, baik itu cita-cita, rezeki dan lainnya sehingga membuat hidup jadi kurang bergairah dan bahagia.
Sebenarnya obat malas sudah di temukan orang sebagian besar orang berilmu hanya saja banyak dari orang berilmu kurang membahas tentang ini. karena merasa hal ini tidak terlalu penting.
Menurut saya malas ini adalah hal yang penting untuk di obati agar hal apa saja yang kita lakukan memuaskan pada akhirnya.karena malas bisa membuat hidup kurang bahagia.
Obat malas itu adalah membaca al Al Qur'an atau mengaji yang baik dilakukan setiap hari walau sedikit yang di baca tapi konsisten di baca akan mengurangi rasa malas.sebaiknya dilakukan pada waktu mengawali hari-hari kita dalam beraktivitas.dan akan menambah bahagia dan ketenangan dalam hidup.
Malas itu terjadi dengan berbagai cara dalam menyerang manusia agar ia menjadi malas.dan bisa juga dengan berbagai cara dalam mengusirnya agar bisa lebih tekun dalam mengerjakan hal-hal untuk memperoleh cita-cita sehingga hidup menjadi bahagia.

Bersabarlah Sebentar untuk hidup Bahagia
Bahagia adalah kata yang banyak orang ingin merasakan, bagamana tidak, karena dalam bahagia itu adalah posisi dimana seseorang merasakan hal yang manis dalam hidupnya.

Sebenarnya bahagia itu tidak sulit,justru sangat mudah kita dapatkan,bahagia itu kita dapatkan dari kita ikhlas menjalankan perintah agama dan menjauhi laranganNya.
Selama kita menjauh perbuatan dosa, insyaallah bahagia itu akan selalu kita rasakan.

Dalam islam selalu di anjurkan kita agar selalu sabar, bahkan kita sesama muslim harus saling mengingatkan tentang sabar.
Kita harus selalu sabar di saat masalah itu datang kepada kita, di saat sakit kita harus, di saat kita kehilangan hal yang berharga dalam hidup kita juga harus bersabar. tingkat sabar itu tiada batasnya, jika sebagian orang mengatakan sabar itu punya batas, itu bukan sabar sebenarnya tapi hanyalah tingkat kesabaran yang ia miliki.


Ada satu pepatah mengatakan sabar itu pahit buahnya manis. sabar itu ibarat sebatang pohon yang pahit dan selalu melalui hal-hal yang pahit, tapi ia akan menghasilkan buah yang manis,buah yang manis itu adalah bahagia dari sesudah kita melewati masalah demi masalah, contoh seorang sedang sakit demam ia berusaha sabar tapi ia juga bersabar dalam mengobati sakitnya, di saat ia sembuh, ia merasakan bahagia inilah yang dinamakan buah manis dari kesabaran.
Sabar itu tidak selalu berdiam diri tanpa usaha apapun, sabar itu menurut tempatnya masing-masing. sehingga sabar bukan berarti putus asa tetapi sabar untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Al-Qur'an Membuat Hati yang Gelisah Menjadi tentram
Di dalam hidup yang penuh lika-liku ini banyak orang yang kehilangan akan arah dan tujuan hidup yang sebenarnya, sehingga sulit mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merasakannya.  Umpama sebuah pintu yang terkunci yang harus di buka dengan kuncinya yang telah di cetak oleh pabrik. jika kunci lain yang di pakai untuk membuka pintu tersebut akan sulit membukanya bahkan mungkin tidak bisa di buka. karena bukan kunci itu bukan pasangan yang sebenarnya untuk pintu tersebut. untuk mengarungi hidup yang belum jelas arah ini juga belum tentu bagaimana esok harinya tentu harus ada suatu pedoman untuk bagaimana hidup menjadi lebih baik dan bahagia.
Umat Islam dibawa oleh seorang manusia yang paling mulia di muka bumi ini yaitu RASUL MUHAMMAD SAW yang membawa umat manusia dari kebodohan kepada ilmu pengetahuan. dari umat yang jahil kepada umat yang berilmu pengetahuan.dari umat yang saling membunuh kepada umat yang saling mengasihi. Rasulullah SAW telah meninggalkan umat nya sudah 14 abad yang lalu tetapi Beliau meninggalkan pedoman hidup untuk kita mengarungi kehidupan dunia ini menuju hidup yang bahagia dunia dan akhirat. Rasul SAW memberikan kepada Umat 1 Pusaka yang amat mulia. pusaka yang tiada di berikan kepada umat yang lain selain Umat Islam yakni Al-Qur'an.Al-Qur'an adalah pedoman untuk mengarungi hidup di dunia yang fana ini, kehidupan yang banyak ujian, kehidupan banyak masalah dan kehidupan berliku-liku ini.
Di dalam Al-Qur'an semua sudah di jelaskan bagaimana seharusnya menjalani hidup yang baik,bermanfaat dan bahagia sebagaimana hidup yang telah di berikan kepada orang-orang shaleh dahulu. Al-Qur'an telah membahas semua tentang bagaimana kehidupan yang sebenarnya,yang mana hak yang mana bukan hak semua di jelaskan. bagaimana umat-umat sebelum umat islam juga di jelaskan.hanya saja apa kita sudah sering membukanya atau hanya kita meletakkan Al-Qur'an di lemari kaca untuk hiasan rumah.
Banyak orang selama ini meletakkan kitab suci Al-Qur'an hanya untuk koleksi di rumah tapi sangat jarang untuk membukanya apalagi utnuk membacanya. ini sudah berada di akhir zaman dimana nanti Al-Qur'an akan hilang dengan sendirinya karena sudah ramai orang meninggalkan Al-Qur'an, ramai yang sudah lalai dengan dunia maya(fb), gadget dan berbagai hal yang lain, hidup memang butuh hiburan butuh liburan, butuh yang lain juga. tidak di larang untuk menghibur diri juga dalam mempelajari ilmu yang lainnya untuk pintar dalam hal apapun tetapi jangan melupakan ilmu agama terutama Al-Qur'an ilmu yang sangat berpengaruh bagi kehidupan, sehingga baik buruknya kehidupan ini karena ulah diri sendiri.
Al-Quran adalah Pedoman hidup bagi Umat islam, sebenarnya ini lah kunci utama dan pertama untuk mencapai hidup bahagia adalah dengan membaca dan mengamalkan al-quran, sebab al-quran yang membuat hati gundah sedih dan lainnya menjadi tersenyum tenang dan bahagia. Perlu Kesabaran dalam Membaca dan mengamalkan al-quran, tapi jangan menyerah di uji adalah untuk menguatkan dan untuk di naikkan derajat oleh Allah, teruslah berjuang. semua pasti ada hasilnya. Bukan hanya Bahagia di dunia, tetapi di akhirat mendapat surga.
Berprasangka Baik Kepada Sang Pencipta
Ungkapan "Mengapa aku tidak bahagia seperti mereka" terdengar sangat sering di dalam masa remaja.bahkan banyak kata yang lain yang membuat telinga orang yang mendengarnya menjadi ilfil atau tidak suka. jika sering mengatakan dan berfikiran negatif seperti ini, itu akan terjadi kepada yang berprasangka seperti itu karena Allah dalam firmannya mengatakan "Aku seperti prasangka hambaKu" maka dari itu berprasangka baik lah untuk hidup yang lebih baik dan bahagia.

Di dalam kata mengeluh terdapat energi negatif yang membuat seseorang terbawa kepada hal negatif, karena mengatakan hal yang buruk untuk diri sendiri menjadikan pribadi diri menjadi lebih buruk.tidak bertemu hal yang akan membawa ke arah pribadi yang lebih baik.


Untuk menjadi pribadi yang lebih bahagia lebih baik banyak bersyukur dan mengurangi dosa yang membuat hidup kita semakin lebih bahagia.semakin menikmati hidup ini.

Sebenarnya apa masalah yang terlalu berat sehingga mengatakan "hidupku kurang bahagia".masalah putus dengan pacar,masalah keuangan sedang sulit,susah mencari pekerjaan,kehilangan orang-orang tersayang.itu sudah sering terjadi itu bukanlah masalah yang berat.

Masalah yang berat adalah bagaimana bisa mengatur emosional diri sendiri.tidak terbawa dengan masalah yang sedang di hadapi.

Sabar dan iklas dalam hidup ini sangat di perlukan.syukuri hari ini masih bisa sarapan,syukuri hal-hal yang baik karena hari masih bisa hidup walaupun dengan segala kekurangan.percaya lah.manusia adalah makhluk terkuat dari makhluk yang lain. Tersenyumlah untuk hari ini,esok dan seterusnya.untuk meraih hidup yang lebih baik.

Kunci bahagia, merupakan suatu cara untuk bagaimana cara nya agar pintu bahagia itu terbuka dengan cara-cara yang akan saya uraikan berikut: Pertama, buanglah semua hal-hal negatif dalam hidup kita,apa saja yang membuat kita jadi malas,jadi murung dan lain sebagainya buanglah jauh-jauh itu akan membuka jalan bahagia hidup kita.pikirkanlah hal-hal yang positif agar hal negatif hilang dari pikiran. Kedua, selalu berfikir positif (positif thinking),semua prasangka baik akan berpengaruh dalam hidup kita.baik buruk nya hasil itu karena prasangka kita. Ketiga, buanglah semua ketakutan yang ada pada kita,untuk itu jangan suka melakukan kesalahan yang membuat diri kita ketakutan. Keempat, bersabarlah dalam setiap yang kita lakukan, baik itu pekerjaan,ibadah,dan lainnya. Kelima, selalu berfokus pada diri kita,jangan memperdulikan perkataan orang lain jika kita berada di jalan yang benar,selalu memperbaiki diri ke arah positif. Keenam, usahakan melakukan dengan ikhlas sesuatu yang kita kerjakan, baik itu pekerjaan, ibadah dan lainnya. Ketujuh, melakukan segala yang di perintah Allah SWT dan menjauhi segala yang di larangnya,Allah SWT yang memberikan kita kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.mulai dari Shalat lima waktu,menutup aurat dengan baik dan benar juga banyak lagi yang lainnya. Kedelapan, mengikuti sunnah Rasul SAW, RASUL SAW adalah Nabi kita,Beliau di jamin surga oleh Allah SWT. Semua yang Sunnah yang di wariskan Adalah jalan bahagia.
Dari delapan pokok kunci bahagia di atas akan di uraikan satu persatu agar lebih jelas dan bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh hidup yang lebih baik dan bahagia. pertama yakin lah bahagia akan segera datang walaupun saat ini hidup sangat sulit bahkan dalam keadaan berlumur dosa sekalipun, harus yakin bahagia itu akan segera datang setelah masalah ini selesai. jangan ragu kalau hidup  bisa lebih baik dan bahagia. setelah itu jika dalam keadaan malas, mulai lah mengusir malas itu, jika dalam keadaan selalu melakukan dosa, tinggalkan dosa tersebut mulai lah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna (bertaubatlah). jika dalam keadaan miskin, bekerjalah, harus yakin Allah maha Adil dan akan memberikan rezeki kepada kita. tinggalkan segala hal buruk dan kembali melakukan hal yang baik, hal yang berguna untuk diri juga orang lain. jangan lupa selalu bersyukur atas setiap apa yang di peroleh baik itu rezeki kesehatan maupun umur yang masih di berikan, tetap selalu bersyukur. tinggalkan kata mengeluh dari mulut agar lebih baik dalam berfikir dan bertindak. dari setiap hal yang di lakukan tersebut usahakan selalu sabar dalam menjalaninya agar tidak terulang kembali pada hal yang buruk.
selanjutnya jaga lah hubungan dengan sesama, hubungan dengan manusia baik itu teman maupun saudara dekat ataupun jauh. jangan mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain maupun menyakiti orang lain dengan perbuatan seperti menyiksa, mendhalimi, dan lain sebagainya. ingat karma itu ada.itu hukum alam yang selalu kembali kepada pemiliknya. Ungkapan ini bisa di contohkan dalam hukum karma " Siapa yang menanam ia yang akan menuai" siapa yang melakukan hal yang baik, ia akan memperoleh kebaikan dan sebaliknya siapa yang melakukan hal yang jelek juga ia yang memperoleh akibatnya.
hubungan dengan orang tua juga harus di jaga dengan baik, jangan sering membantah mereka apalagi durhaka kepada orang tua, karena Ridha orang tua adalah Ridha Allah. begitupun dengan saudara kandung jaga hubungan dengan dengan baik, jika seorang muslim yang memutuskan hubungan dengan saudaranya maka ia tidak akan masuk surga, begitu penting hubungan dengan saudara, jangan menyangka kita bisa hidup bahagia jika membuat saudara sendiri menderita. sering-seringlah bersilaturahmi dengan saudara agar lancar rezeki sehingga hidupkita muda dan bahagia selalu kita rasakan.
selanjutnya jangan melakukan lagi perbuatan dosa jika sudah bertaubat, karena akan membuat merasa bersalah sehingga muncul penyesalan.penyesalan membuat seseorang merasakan hidupnya tidak bahagia bahkan merasa di hantui kesalahan. jangan lupa juga untuk selalu berdoa agar bahagia dunia dan akhirat.
mulailah hidup kembali dengan baik, mulai melakukan shalat, mengaji, berkumpul dengan keluarga, berkumpul dengan kawan. jika masih lajang menikahlah jika sudah mampu, jika sudah punya anak, didik anak dengan baik. berbakti kepada orang tua. Bahagia Itu sederhana, lakukan hal yang baik selama hal itu tidak melanggar agama, akan membuat seseorang bahagia.Mungkin banyak lagi kunci bahagia yang lainnya,,hanya itu yang dapat saya tuliskan, semoga kita semua bisa mengamalkan nya. bahagia itu kebaikan, semakin banyak kebaikan semakin kita merasa bahagia.



Dunia hanya sementara cepat atau lambat hidup akan segera berakhir dalam dunia ini, manfaatkan waktu selagi ada untuk hal-hal yang bermanfaat, jika hidup sudah berakhir tidak bisa kembali lagi. hidup cuma sekali jika gagal tidak bisa di ulangi lagi. jangan tunggu besok atau lusa untuk menjadi lebih baik, karena belum tentu esok masih bernyawa lagi. Semoga hati selalu terbuka untuk mendekatkan diri dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Amin..
Sebarkan tulisan ini semoga bisa menjadi nasehat untuk kita bersama.

 




Save

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BAHAGIA MENURUT ISLAM Beserta cara meraihnya"